Thursday 9 March 2017

Cara Menggunakan Data Validation pada Excel

Tutorial Cara Menggunakan Data Validation pada Excel - Data Validation pada excel sering kita gunakan untuk melimit atau mengatur apa yang harus kita entri, saya sendiri sering menggunakannya untuk memasukkan angka / numerik. Misalnya membatasinya antara angka 0 - 100. Data yang kita gunakan adalah data numerik, data berupa teks, tanggal, jam juga bisa. Untuk validation atau valid sendiri artinya adalah sah, pasti, atau limit. Jadi data validation ini sangat bermanfaat untuk kita dalam hal entri data. Baca juga Cara Memunculkan Tab Developer di Excel 2016.

Data Validation Excel 2016 - Ada banyak cara dan langkah dalam membuat data validation ini. Saya dulu pernah mencobanya di office excel 2003, berlanjut ke 2007, temen-temen juga bisa mempraktekkan materi ini pada excel 2010 dan 2016. Tentang data validation drop down list akan saya jelaskan beserta kotak dialognya nanti di bawah ya. Data validation excel 2016 from another sheet juga bisa kita kerjakan dengan menggunakan penamaan pada table guys. Perhatikan Speak Cell on Enter pada Excel 2016.

Video Tutorial 1 : Cara Menggunakan Data Validation

Data Validation Excel Drop Down List - Sudah selesai buat tutorial tentang data validation eh ternyata ada yang ketinggalan guys, itu lho tentang List atau Daftar menu ke bawah. Memang sering digunakan sih, daripada ya kita entri manual. Lebih baik klak klik gitu palingan ya. Ya sudah saya buatkan juga tutorialnya di bawah ini. Yang jelas temen-temen harus paham apa itu penamaan pada table ya. Pada blog ini belum saya bahas. Saya buatkan nanti menyusul ya. Kunjungi juga Mengenal Fungsi Teks Left Right Mid.

Video Tutorial 2 : Data Validation Sumber di Sheet lain

Data Validation Excel 2016 From Another Sheet - Jika sumber data list yang akan kita gunakan berada pada sheet lain. Maka fungsi penamaan pada table atau range sangat perlu kita pahami. Sangat mudah sih, yang terpenting tidak ada spasi, untuk name manager ada di tab Formulas ya. Untuk lengkapnya temen-temen bisa lihat video tutorial di atas ya. Yang jelas jangan sampai ketinggalan tanda sama dengan = ya. Kalau lupa nanti list drop down nya gak berjalan di excelnya. Pelajari juga Mengenal Jendela Microsoft Excel 2007.
Download
Cara Menggunakan Data Validation pada Excel


EmoticonEmoticon