Monday 6 November 2017

Mengenal Fungsi ChangeCase Lower Proper Upper pada Excel

Belajar Fungsi Lower pada Excel - Yang mana dulu ya yang mau di bahas. Saya sudah coba buatkan studi kasus di bawah itu dengan teks acak seperti itu ya. Kalau di microsoft word, fungsi ini akan dikenal dengan istilah change case. Tapi kalau di microsoft word kita bilangnya ya langsung ya, fungsi lower, fungsi upper dan fungsi proper. Kalau langsung dilihat dari gambar di bawah ini, temen-temen pasti tahu semua apa fungsi dari masing-masing rumus itu kan ya. Klik juga Perbedaan Ms. Excel vs Spreadsheet OpenOffice.

Cara Menggunakan Rumus Proper pada Excel - Pada beberapa contoh soal baik itu berupa latihan, soal ujian saya belum pernah mengeluarkan rumus ini. Tetapi temen-temen perlu tahu saja ya, siapa tahu nanti ketika kerja rumus ini akan sering digunakan. Untuk menambah wawasan saja kan. Yang jelas temen-temen tahu terlebih dahulu apa itu fungsi lower, proper dan upper di excel ya. Saya sendiri akan mencontohkannya pada gambar di bawah ini, temen-temen bisa mencobanya langsung. Klik juga Soal UAM Madrasah Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember.


Apa Itu Formula Upper di Excel - Kalau di microsoft word, kita bisa menggunakan sebuah shortcut atau kombinasi tombol yaitu Shift + F3 ya. Tetapi kalau kita praktekkan di microsoft excel, bukan itu hasilnya guys. Coba deh, jika shift + f3 ditekan bersamaan maka yang akan muncul adalah insert function. Nah, kalau di excel semuanya memang harus menggunakan rumus begitu. Dan inget pada semua penulisan rumus akan selalu diawal oleh tanda sama dengan = ya. Oke guys, semoga bermanfaat ya rumus yang saya bahas ini. Klik juga Cara Merubah Angka Menjadi Terbilang Huruf.

Keterangan :
  • Fungsi Upper - Membuat semua text yang ada di sel menjadi huruf besar semua
    Rumus : =upper(sel)
  • Fungsi Lower - Kebalikan dari upper yaitu menjadikan huruf kecil semua
    Rumus : =lower(sel)
  • Fungsi Proper - Membuat teks menjadi huruf besar pada karakter pertama di setiap kata
    Rumus : =proper(sel)


Shortcut Untuk Upper Lower Proper - Saya kira awalnya saya belum menulis tentang rumus ini di blog saya www.belajarexcel.web.id ini ya. Tetapi setelah saya cek lah koq sudah ada. Saya menginstal aplikasi rumus excel di android yang saya gunakan. Ada beberapa hal yang saya pelajari dari rumus excel di android yang saya pelajari. Terutama rumus upper lower dan proper di excel serta pivot tabel yang mungkin besok akan saya update untuk diperbaharui materinya. Ya semoga saja bermanfaat, untuk materi pembahasan tentang upper lower dan proper saya rasa tidak ada masalah ya. Itu diatas sudah saya bahas lengkap. Oh iya, untuk sementara ini shortcut atau kombinasi tombolnya belum ketemu kawan.
Download
Mengenal Fungsi ChangeCase Lower Proper Upper pada Excel


EmoticonEmoticon