Tuesday 28 February 2017

Jenis-jenis Tipe Data dalam Excel

Mengenal Jenis-jenis Tipe Data dalam Ms. Excel - Ketika saya mengajar di sekolah-sekolah yang saya pegang. Baik itu di SMA maupun di SMK ataupun di PIKMI Jember dimana tempat mahasiswa menimba ilmu komputer, selalu saya tekankan pentingnya memahami tipe data yang ada di excel ini. Jika hal basic atau fundamental tentang excel dapat kita kuasai, maka selanjutnya pembelajaran tentang microsoft excel akan terasa lebih mudah.

Macam-macam Tipe Data di Microsoft Excel - Ada 3 jenis data yang bisa kita ketikkan di excel. Yaitu data berupa karakter, angka dan rumus. Beberapa orang masih sulit membedakan antara karakter dan huruf lho. Kalau huruf sih kan hanya terbatas pada A - Z saja. Sedangkan karakter lebih luas kepada apapun yang bisa kita ketikkan di keyboard itu adalah karakter. Ada lagi angka ya. Ini lebih mudah karena hanya terbatas pada 0 - 9 saja.


Belajar Microsoft Excel dengan Mudah - Ada banyak tutorial dan sumber tentang excel yang dapat kita pelajari. Disini saya hanya membahas sebagian saja ya. Ini dasar dan perlu kita pahami. Coba lihat 3 kolom pada gambar di atas. Kolom pertama adalah jenis data dan kolom kedua adalah contoh. Dari kolom ke-2 dapat kita lihat perbedaan antara abc, abc13 dan 20 ya. Dari alignment atau perataan terlihat menjorok ke kanan dan ke kirinya. Yang ke kanan itu numerik atau angka kawan.


Menggunakan Rumus Value - Penggunaan rumus value berfungsi untuk merubah data karakter menjadi numerik, semisal data di atas angka 13 kita dapatkan dengan menggunakan rumus right dan hasilnya dia akan ke kiri yang menandakan bahwa data yang kita entrikan adalah karakter dan pada kolom ke-3 data yang kita masukkan menggunakan value maka hasilnya akan ke kanan atau dia adalah data berupa numerik. Ini default ya. Sudah jelas berbeda setelah data atau cell sudah kita atur alignmentnya.

Rumus Fungsi Teks - Ada 3 rumus yang perlu kita ketahui yaitu :
  1. Left =left(sel acuan, banyaknya karakter dari kiri)
  2. Right =right(sel acuan, banyaknya karakter dari kanan)
  3. Mid =mid(sel acuan, karakter pertama, banyaknya karakter)

Tipe Data Pada Ms. Excel - Untuk dapat menguasai microsoft excel secara dalam. Temen-temen harus mengetahui tipe-tipe data dalam excel berikut ini. Minimal bisa membedakan mana data yang berupa numerik dan mana data yang berupa karakter. Ini penting sekali buat kita pahami ketika kita mengerjakan rumus atau formula excel yang bersifat gabungan. Temen-temen perlu tahu hal ini. Di atas sudah saya jelaskan tentang 3 tipe data pada ms excel yang perlu dipelajari. Kunjungi juga Cara Mudah Belajar Chart Excel 2016.

Jenis-jenis Data dan Fungsi Micrsoft Excel - Sudah saya jelaskan diatas ya. Fungsi dari ms excel sendiri adalah untuk program pengolah angka dan program pengolah data. So, temen-temen yang ingin bermain-main dengan angka dan data, bisa tuh mencoba menggunakan excel. Dan lagi tipe data atau jenis-jenis data di excel hanya terbatas sama 3 saja. Yaitu angka, huruf dan karakter. Itu saja sih, selebihnya ya data berupa object seperti gambar, chard, dll begitu. Klik juga Fungsi Tombol Alt + Enter dan Ctrl + Shift + U Buat Apa Ya.
Download
Jenis-jenis Tipe Data dalam Excel


EmoticonEmoticon