Saturday 22 April 2017

Mengenal Perbedaan Rumus Excel Count, Counta dan Countblank

Mengenal Perbedaan Rumus Excel Count, Counta dan Countblank - Tutorial Excel kali ini kita akan membahas tentang fungsi count guys. Ini sih masuk dalam kategori fungsi statistik. Tetapi dalam rumus count sendiri memiliki beberapa modifikasi seperti yang tertera pada judul diatas. Ada juga sih yang belum saya tulis tentang countif atau menghitung banyaknya data dengan kondisi tertentu. Ini lebih seru lho karena kita akan sedikit bermain dengan logika kawan. Untuk dapat belajar tentang rumus count, kita perlu terlebih dahulu tahu tentang tipe data lho. Coba deh pelajari disini Jenis-jenis Tipe Data dalam Excel.

Pengertian Rumus Count adalah - Count adalah sebuah rumus dalam excel yang dapat kita gunakan untuk menghitung banyaknya data pada sebuah excel. Nah, bicara data sendiri, excel memiliki beberapa data yang perlu kita pahami guys. Mulai dari data berupa teks, karakter atau huruf kemudian ada data berupa angka atau numerik dan yang terakhir adalah data kosong atau blank. Jika kita paham terlebih dahulu tentang jenis-jenis data disini, maka temen-temen akan sangat mudah ketika belajar tentang rumus count disini. Dan selanjutnya akan bertahap kita belajar tentang Fungsi Statistik dalam Microsoft Excel.


Contoh Latihan untuk Microsoft Excel Count - Mempelajari rumus count disini temen-temen bisa langsung jadi satu dengan fungsi statistik ya. Jika pada fungsi statistik temen-temen mengalami kesulitan dalam memahami soal dan jawabannya, maka disini akan kita pecah menjadi satu persatu untuk count nya saja. Ada sih gabungan if dan max min yang akan kita bahas selanjutnya. Namun kali ini kita fokus terlebih dahulu ada rumus count ya. Dari 3 rumus count yang ada di atas. Countblank itu sering saya gunakan untuk membuat daftar absensi mahasiswa atau siswa ya jadi kita bisa tahu berapa yang masuk dan berapa yang tidak masuk. Pelajari juga Contoh Soal Excel If dan Jawabannya.

Video Tutorial : Mengenal Perbedaan Rumus Count, Counta dan Countblank

Penulisan Rumus Count :
  1. =count(range)
  2. =counta(range)
  3. =countblank(range)

Soal Tentang Ms Excel - Lebih jelasnya untuk penulisan rumus dan studi kasus count bisa melihat video tutorial diatas ya. Lengkap koq, yang penting sudah bisa membedakan penggunaannya mulai dari data karakter, numerik dan data kosong. Selanjutnya akan kita bahas tentang rumus countif dan sumif ya. Semangat lho belajarnya dan kunjungi terus blog saya setiap hari untuk update terbaru rumus excel dan pembahasannya secara singkat dan cerdas. Pelajari juga Tutorial Rumus Vlookup.
Download
Mengenal Perbedaan Rumus Excel Count, Counta dan Countblank


EmoticonEmoticon