Tuesday 7 February 2017

Contoh Soal Excel If dan Jawabannya

Download Contoh Soal Excel If dan Jawabannya - Materi dasar tentang belajar rumus if sudah saya tulis di blog ini sebelumnya ya. Search aja, artikelnya gak banyak koq dan semuanya tentang tutorial excel. Ada temen saya yang bertanya dan meminta saya untuk membuat contoh soal excel if beserta pembahasannya. Saya sih bingung mau buat contoh soal seperti apa ya, padahal di internet sendiri sudah banyak file contoh soal excel yang bisa dengan gratis kita download cuma-cuma guys. Nah, disini saya lengkapi saja ya mulai dari if dasar yang perlu temen-temen pahami sampai dengan if bertingkat yang memang menyulitkan dan yang terpenting adalah logikanya. Pelajari ini juga ya Belajar Fungsi IF dan Logikanya.

Belajar Rumus IF dan Soal - Hanya ada 2 sheet yang saya bahas pada tulisan saya pribadi ini. Temen-temen bisa download dan coba kerjakan. Untuk jawaban atau pembahasan saya buatkan video tutorial nya saja ya. Biar lebih jelas memahaminya. Disini temen-temen bisa mencoba mengerjakan soal excel if yang saya buat. Semoga bisa lho. Soal nya mudah koq, ada if tunggal, nested if atau lebih dikenal dengan if bercabang atau if bertingkat dan yang terpenting adalah if gabungan misalnya digabung dengan left right mid dan fungsi value atau merubah karakter menjadi angka. Cek disini Mengenal Fungsi Teks Left Right Mid.


Kelebihan Rumus IF - Formula atau rumus ini sangat sederhana, kita tidak perlu tabel bantu untuk mengerjakannya. Berbeda kan dengan vlookup yang sudah pernah kita bahas sebelumnya dan yang terpenting, if ini dapat kita gunakan sebanyak 64 cabang. Keren kan, itu kalaupun kita paham tentang logikanya. If juga bisa kita gabungkan dengan rumus-rumus lainnya seperti fungsi teks, left right mid, lookup untuk vlookup dan hlookup serta beberapa rumus lainnya guys. Seperti Penjelasan Rumus Concatenate.


Kekurangan Rumus IF - Ini juga penting kita pahami, jika dibandingkan dengan rumus lookup untuk vlookup dan hlookup, jelas if memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, misalnya untuk kelemahan if, jika ada 10 kondisi pada if tersebut, maka kita akan menggunakan 9 formula if atau 9 fungsi if itu secara bersamaan sebagai nested if atau if bercabang. Berbeda sekali dengan vlookup yang hanya membutuhkan 1 vlookup tetapi tetap memerlukan tabel bantu guys. Pelajari juga Contoh Soal Vlookup Lengkap.

Video Tutorial : Kunci Jawaban Soal Excel IF

Kunci Jawaban Contoh Soal Excel IF - Belajar excel itu passion, setiap orang pasti memiliki hobby dan kesukaan yang berbeda terhadap materi sebuah komputer. Misalnya microsoft excel ini tidak semua lho anak-anak suka. Biasanya harus bisa sedikit tentang matematika. Misal neh kalau kita melamar pekerjaan, maka sering akan muncul sebuah soal excel yang harus kita kerjakan. Kalau belajar nya mendadak maka kita akan kesulitan belajar excel nya. Ayo semangat belajar excel nya disini ya. Kunjungi juga Fungsi Statistik dalam Microsoft Excel.

Soal IF Logika Excel - Buat temen-temen yang belum paham rumus excel if. Saya coba jelaskan kembali ya. Kalau rumus bahasa inggrisnya sih =if(logical_test, value_if_true, value_if_false) kurang lebih begitu ya. Kalau kita jadikan ke indonesia nantinya jadi begini =if(sel acuan, benar, salah). Gitu aja sih singkatnya. Yang jelas kalau kita implementasikan pada rumus, akan menjadi seperti contoh berikut ini =if(b2="a","apel","belimbing"). Gitu aja ya tentang soal if logika excel ini. Semoga bermanfaat. Kunjungi juga Implementasi Rumus Trunc Pada Form Absensi Karyawan.

Link Download :
Download
Contoh Soal Excel If dan Jawabannya


EmoticonEmoticon