Friday 24 July 2020

Implementasi Rumus Match di Excel

Belajar Implementasi Rumus Match di Excel - Fungsi match atau rumus match sendiri artinya kan cocok atau mencocokkan. Saya pertama kali menggunakan rumus ini ketika saya gabungkan dengan rumus IF, ISERROR yang saya coba gunakan untuk menampilkan data yang sama di excel. Kebetulan ada temen saya yang bertanya. Dari sini akhirnya di blog ini sendiri saya menulis dua artikel sekaligus. Pertama untuk menjelaskan tentang ISERROR yang kebanyakan dari orang-orang salah arti ke IFERROR. Rada-rada sama antara IS dan IF. Kedua saya menulis artikel tentang fungsi match ini. Baca juga Studi Kasus Excel Rumus Fungsi ISERROR.

Cara Menggunakan Rumus Match Pada Excel - Penggunaannya sih tergatung kondisi yang ada ya guys. Misalnya saya mengambil contoh sederhana ketika kemaren bank indonesia pas lebaran itu kan boleh menukarkan uang recehan / pecahan baru untuk 2.000, 5.000, 10.000, 20.000 dan 50.000. Nah, itu pas banget memang hanya 1 KTP yang boleh menukar kan. Kalau ktp sudah terekam maka untuk kedua kalinya ktp tersebut tidak dapat menukarkan kembali. Kurang lebih begitu logikanya. Pelajari juga Menampilkan Data Yang Sama di Excel.


Penerapan Rumus Match dalam Excel - Disini saya hanya mencari data dalam menggunakan rumus MATCH kawan. Itu ada 2 data yang bisa kita cari, yaitu berdasarkan no. ktp dan nama. Temen-temen cek rumus yang ada di atas itu. Dengan menggunakan rumus match misalnya untuk kasus pada paragraph kedua yang saya bahas, kita dapat memastikan apakah orang tersebut, nama atau ktp sudah pernah menukakan uang atau tidak. Ini saya coba tuliskan rumus aslinya ya. Baca juga Bank Soal Excel Terlengkap.

Penulisan Rumus MATCH :
  • =match(lookup_value, lookup_array, match_type)
  • lookup_value merupakan sel acuan
  • lookup_array merupakan range data
  • match_type ada 3 : pertama -1 artinya Less Than, kedua 0 artinya Exact Match dan ketiga 1 artinya Greater Than.
  • =MATCH(C17;no_ktp;0)
  • Untuk no_ktp merupakan nama range, temen-temen bisa pelajari dulu tentang penamaan table pada blog ini ya.
Download
Implementasi Rumus Match di Excel


EmoticonEmoticon