Friday 7 February 2020

Tutorial Excel Fungsi AND OR NOT

Tutorial Excel Fungsi AND OR NOT - Selamat pagi guys, masih sehat dan semangat belajar excel kan. Kali ini admin belajar excel akan share tentang sebuah materi logika and or dan not lho. Sebenarnya ada lagi fungsi XOR tapi saya sendiri jarang menggunakannya, yang banyak ya NOT itu, yang sering saya sebut dengan logika terbalik yang awalnya - akan jadi + dan jika + akan jadi -, ya dibalik itu. Kalau and itu kan dan artinya, sedangkan or itu artinya atau. Mudah sih, siapkan saja pikiran jernih untuk belajar excel fungsi and or dan not ini ya. Baca juga Contoh Latihan Soal Excel Untuk Ujian UAS.

Rumus If And di Excel - Ini yang terpenting guys, kalau kita belajar hanya untuk and or dan not saja, jelas membingungkan, karena fungsi ini hanya akan memunculkan false dan true saja, so kita harus menggabungkannya dengan if untuk memunculkan nilai jika benar dan nilai jika salah sesuai dengan yang kita inginkan. Coba akan sedikit saya jelaskan berupa gambar dan keterangan di bawah nya ya. Nanti lebih lengkapnya akan kita jadikan studi kasus berupa soal deh biar mudah pemahamannya. Kunjungi juga Contoh Soal dan Jawaban Excel.

Gambar 1 : Logika Penggunaan Rumus atau Formula AND, OR, NOT

Keterangan Fungsi And - Artinya saja dan, saya sering menjelaskan pada murid-murid saya bahwa and ini logikanya harus terpenuhi semua, misal kita punya x dan y, maka jika saya panggil mereka x dan y menggunakan rumus AND, maka keduanya harus datang. Jika tidak datang maka hasilnya adalah FALSE. Misal untuk contoh gambar and di atas x bernilai + dan y bernilai + maka AND adalah TRUE, berbeda ketika x bernilai + dan y bernilai - maka AND adalah FALSE.

Gambar 2 : Implementasi Rumus AND, OR, NOT perbandingan > 100

Penjelasan Fungsi OR - Artinya saja atau, misal pada gambar 2 di atas saya membandingkan x atau y menggunakan > 100, misal pada baris pertama x nilainya 50 dan y nilainya 150, karena salah satu memenuhi syarat melebihi angka 100 maka nilainya adalah TRUE, dan hasilnya berbalik ketika x = 50 dan y = 50, ketika kita menggunakan rumus OR maka hasilnya FALSE. Nanti rumus ini akan kita gabung dengan rumus fungsi IF lho ya.

Gambar 3 : Perbandingan Rumus And Or Not

Cara Menggunakan Rumus NOT - Ini logika terbalik guys, yang awalnya plus akan menjadi min dan sebaliknya, untuk nilai yang bernilai - akan menjadi +. Pada beberapa kasus contoh soal yang saya dapatkan, sering sekali rumus NOT ini digunakan. Misalnya, semua jabatan akan mendapatkan tunjangan hari raya atau THR, kecuali bagian ADMIN. Nah, ini kita akan menggunakan rumus NOT seperti ini guys. =if(not(b2="Admin"),dapat thr, tidak dapat thr).

Gambar 4 : Contoh Soal If And

Studi Kasus Rumus IF AND - Pada contoh kasus diatas, misal pada diskon kita dapat soal seperti keterangan diatas, maka rumus yang harus kita gunakan adalah :

=IF(AND(B3>500000;C3="Tunai");10%;0)

Gambar 5 : Contoh Soal Excel IF OR

Penggunaan Rumus IF OR - Nah, penggunaan rumus OR menurut saya lebih mudah, artinya kan atau, berarti salah satu status dapat terpenuhi, THR sebesar 1.000.000 sudah bisa kita dapatkan. Seperti ini rumusnya.

=IF(OR(B3="Menikah";C3="OB");1000000;0)

Gambar 6 : Studi Kasus Rumus Excel IF NOT

Gabungan Rumus IF NOT - Coba perhatikan contoh soal diatas. Jika kita menemukan soal seperti ini, maka kita akan menggunakan rumus NOT yang digabung dengan IF lho. Seperti ini rumusnya.

=IF(NOT(B3="Manager");500000;0)

Kesimpulan Rumus AND OR NOT - Menurut saya rumus and or not ini tidak akan bekerja dengan baik tanpa bantuan dari if, so, buat temen-temen yang masih belum paham betul apa itu if dan bagaimana cara menggunakannya, maka matangkanlah terlebih dahulu if ini. Rumusnya mudah koq, jika ada kesulitan atau ingin bertanya tentang contoh soal yang temen-temen punya, bisa comentar di bawah ya. Akan saya bantu semampu saya. Pelajari juga Fungsi Rumus Value Pada Excel.
Download
Tutorial Excel Fungsi AND OR NOT


EmoticonEmoticon