Friday 25 November 2016

Belajar Macro Excel Tingkat Dasar

Tutorial Belajar Macro Excel Tingkat Dasar Sekali - Tidak ada niatan khusus dalam tulisan saya kali ini. Hanya untuk sebuah arsip ketika saya mulai belajar tentang macro di excel. Sejujurnya saya pribadi tidak tahu banyak atau tidak tahu sama sekali tentang macro di excel. Baru kali ini saya belajar karena mengharuskan saya mengurus sebuah blog tentang belajar excel. Ada banyak manfaat dan ilmu yang saya dapat, terutama rumus-rumus baru dan materi-materi baru di excel terutama tentang macro yang akan saya tulis kali ini. Klik juga Menjadikan Excel Sebagai Database Pembuatan Mail Merge.

Belajar Macro Excel 2016 Untuk Pemula - Kalau bicara rumus, apapun soalnya insyaAllah saya bisa, tapi kalau sudah ketemu dengan excel macro seperti ini, saya sepertinya malu sendiri karena masih harus banyak belajar. Tulisan saya kali ini terinspirasi dari sebuah video pembelajaran tentang excel dengan channel Tutorial Excel Indonesia, temen-temen bisa mencoba mencarinya di youtube. Ini merupakan arsip materi awal yang mereka ajarkan dan ingin saya singkat saja tentang macro dasar. Semoga bermanfaat ya kawan. Baca juga Membandingkan Rumus IF dan Vlookup.


Langkah-langkah Membuat Tombol Macro Sederhana :
  1. Buatlah sebuah kotak / rectangle pada Insert - Shape dan berikan tulisan 'Test Klik'
  2. Klik kanan pada kotak yang kita buat pilih Assign Macro - New
  3. Akan muncul tampilan VBA yang seperti biasa kita mengaktifkan Tab Developer
  4. Ketikkan MsgBox "Selamat Datang di www.belajarexcel.web.id"
  5. Simpan dan cobalah untuk jalankan

Cara Membuat Aplikasi Sederhana Menggunakan Macro Excel 2016 - Nah,, diatas sudah saya coba membuat aplikasi yang sangat sederhana ya. Bukan aplikasi sih sebenarnya, hanya test running saja ya. Pasti temen-temen sudah pada bisa semuanya bagaimana membuat macro di excel 2016. Yang terpenting temen-temen sudah bisa menampilkan tab developer seperti biasanya itu ya. Jika masih belum paham tentang kegunaan macro excel, ayo terus ikuti tulisan saya tentang macro excel yang satu ini ya. Klik juga Menggunakan Ampersand & Sebagai Pengganti Concatenate.
Download
Belajar Macro Excel Tingkat Dasar


EmoticonEmoticon