Thursday 10 November 2016

Cara Menggunakan Rumus Index di Excel

Tutorial Cara Menggunakan Rumus Index di Excel - Ini yang sulit, saya dapat pertanyaan dan kiriman soal dari temen saya yang sudah bekerja di sebuah perusahaan pada bagian admin. Dia sih bertanya tentang mencocokkan data dimana data yang ingin ditampilkan itu memiliki kriteria yang menurut saya dengan rumus vlookup ini tidak bisa dikerjakan. Karena sel acuan tidak terdapat pada kolom pertama. Ini yang sulit. Akhirnya saya coba beberapa alternatif termasuk mempelajari rumus match yang pernah saya tulis disini Implementasi Rumus Match di Excel.

Pengertian Fungsi Index dan Implementasinya - Saya sendiri belum menemukan contoh soal yang tepat pada rumus index disini. Hanya saya mencoba menggabungkan rumus index yang ada disini dengan match. Karena rumus index sendiri menurut saya terlalu simple untuk digunakan. Fungsi utama formula index ini menurut saya hanya mencari dimana letak sebuah karakter atau kode berada. Biasanya rumus index dituliskan dengan rumus seperti ini :
  • =index(tabel, baris, kolom)


Contoh Studi Kasus Rumus Index Yang Mudah - Saya sudah mencoba menelusuri banyak website atau blog tutorial tentang belajar excel namun belum ada pembahasan yang begitu detail, lengkap dan mudah dimengerti tentang rumus ini. Akhirnya saya coba saja buatkan rumus index dengan penggabungan match yang mudah dimengerti. Kalau index berdiri sendiri saya masih belum bisa memahami secara mendetail. Kalau rumus aslinya sih seperti ini ya di excel :
  • =index(array, row_num, column_num)
  • =index(reference, row_num, column_num, area_num)

Semoga temen-temen bisa mempelajari ya. Berikut saya sertakan sebuah contoh soal dengan menggunakan rumus index dan match. Semoga bermanfaat. Kunjungi juga Menampilkan Data Yang Sama di Excel.

Link Download :
Download
Cara Menggunakan Rumus Index di Excel


EmoticonEmoticon