Monday 23 March 2020

Soal Excel Perjalanan Travel dan Rumus

Contoh Soal Excel Perjalanan Travel dan Rumus - Pas banget memang sekarang lagi musimnya mudik lebaran, sepertinya banyak yang cari neh rumus excel untuk travel atau perjalanan mudik atau wisata. Ya kebetulan saya dapat referensi contoh soal perjalanan travel dan rumusnya ini saya coba cari sendiri. Sederhana sih seperti vlookup pada umumnya, namun yang bikin saya tertarik untuk mencobanya adalah adanya rumus concatenate yang perlu kita gabungkan guys. Seperti apa serunya? Cek disini ya. Pelajari dulu materi tentang concatenate disini Penjelasan Rumus Concatenate.

Download Contoh Soal Excel Vlookup Gabungan Concatenate dan Rumusnya - Ya disini sekalian saya bahas ya jawaban soalnya seperti apa. Tinggal ngetikkan rumus saja kan. Seperti saya jelaskan diawal, ada rumus concatenate yang harus kita pelajari terlebih dahulu. Concatenate sendiri merupakan gabungan, jadi seperti pada kolom jurusa disini nanti akan kita isi dari stasiun mana dia berangkat dan berhenti atau turun di stasiun mana. Kebetulan contoh soalnya tentang kereta api. Ya masih ada hubungannya deh dengan travel. Pelajari juga Mengenal Fungsi Teks Left Right Mid.


Cara Mengerjakan Rumus Vlookup dan Concatenate :


Langkah Pertama : Sebelum mengerjakan, yang perlu kita pelajari pertama adalah pahami terlebih dahulu soal dan keterangan atau ketentuan soalnya. Perhatikan gambar 2 diatas. Mulai dari point a sampai dengan point d disana sudah jelas bagaimana kita harus mengisinya dan rumus apa yang akan kita gunakan. Disana juga akan kita gunakan rumus fungsi teks dan value ya. Cek detailnya disini Fungsi Rumus Value Pada Excel.

Langkah Kedua :

Kelas :
=IF(VALUE(RIGHT(D7;1))=1;"Executif";"Bisnis")
Jurusan :
=concatenate(vlookup(mid(D7;12;1);tb_jurusan;2;0);" - ";vlookup(mid(D7;13;1);tb_jurusan;2;0))
Tanggal Berangkat :
=DATEVALUE(LEFT(D7;10))
Harga Tiket : 
=VLOOKUP(MID(D7;12;2);tb_harga;2;0)


Langkah Ketiga : Ada yang ketinggalan yang harus temen-temen pahami dari rumus diatas, yaitu penggunaan penamaan pada range, sel atau table. Itu perlu kita lakukan untuk mempermudah pekerjaan dalam rumus vlookup seperti yang saya tulis diatas pada rumus vlookup untuk table_array yaitu tb_jurusan dan tb_harga. Untuk memahami materi yang saya tulis diatas, temen-temen pelajari link berikut ini ya Penamaan Pada Tabel Range Sel Excel.

Link Download :
Download
Soal Excel Perjalanan Travel dan Rumus


EmoticonEmoticon