Friday 24 July 2020

Belajar Menggunakan Conditional Formatting Excel 2016

Tutorial Belajar Menggunakan Conditional Formatting Excel 2016 - Pernah menerima rapot gak waktu sekolah? Pernah mendapatkan nilai merah enggak? Kalau iya nah asyik kita akan mencoba menggunakan hal itu untuk studi kasus tentang conditional formatting excel ini lho. Pada prinsipnya, kita bisa memberikan format-format tertentu pada microsoft excel menggunakan format standard. Tetapi permasalahannya akan muncul karena format itu akan diaplikasikan pada semua elemet tidak dengan kondisi tertentu. Nah, disini kita akan belajar memanipulasi data agar bisa digunakan dengan baik plus conditional formatting. Klik juga Belajar Rumus Excel Trim dan Len.

Conditional Formatting adalah sebuah format yang dapat kita gunakan untuk memberikan sebuah format pada sebuah tulisan, teks ataupun angka dengan kondisi tertentu. Jadi tidak semuanya akan terformat ya. Ada beberapa materi dasar sih yang akan dibahas. Misalkan sel acuan ada di sel lain seperti jenis kelamin. Ada juga penggunaan if statement pada conditional formatting excel 2016. Ya kesulitannya mungkin penggunaan rumus atau formula if itu saja. Pelajari juga Belajar Implementasi Format Cell Excel Tab Number.

Gambar : Contoh Studi Kasus Conditional Formatting

Cara Menggunakan Conditional Formatting :

Misal dalam kasus pertama kita akan memformat nilai ya dengan kondisi yang di bawah nilai 66 akan kita buat warna merah dan yang lebih dari sama dengan >= 66 akan kita buat warna biru tebal. Langkah-langkahnya :
  • Blok Nilai dari 66 s.d 70
  • Masuk ke Conditional Formatting - Pilih New Rule
  • Pilih Format Only Cell That Contain
  • Pertama pilih Less Than dan isikan 66
  • Kemudian atur format cell sesuai dengan keingin temen-temen ya.
  • Selengkapnya perhatikan video tutorial di bawah ini

Video Tutorial : Belajar Conditional Formatting

Kasus Kedua Untuk Nama dan Jenis Kelamin - Yang harus kita lakukan blok terlebih dahulu untuk nama dari atas sampai dengan bawah. Kemudian masuk ke conditional formatting kembali. Pilih New Rule dan pilih yang bagian bawah. Untuk lebih lengkapnya tonton video saja ya. :). Terimakasih kawan.
Download
Belajar Menggunakan Conditional Formatting Excel 2016


EmoticonEmoticon