Thursday 9 March 2017

Perbedaan Rumus LEN, LN dan LOG pada Excel

Belajar Perbedaan Rumus LEN, LN dan LOG pada Excel Terbaru - Sepertinya untuk fungsi len sendiri belum saya bahas detail pada blog ini ya. Adanya sih hanya penggabungan dengan rumus atau fungsi teks seperti left, right mid begitu saja. Nah, kali ini saya hanya ingn memberikan sedikit penjelasan pada rumus LEN, LN dan LOG. Untuk pengertian LEN sendiri pasti sangat mudah dipahami dan akan sering digunakan. Tetapi untuk rumus LN dan LOG, mungkin hanya orang-orang matematika yang akan sering menggunakannya dan orang-orang statistik yang menggunakan excel sebagai alternatif SPSS. Klik juga Langkah-langkah Mengirimkan File Excel Melalui Email Gmail.

Memahami dan Membedakan Rumus LEN, LN dan Fungsi LOG di Excel Gratis - Mungkin nanti akan ada nyonya saya mbak habibah yang akan bantu banyak menjelaskan tentang rumus matematika yang sering digunakan pada excel. Contohnya logaritma seperti ini. Log atau LN juga akan kita jelaskan sedikit. Pernah tahu kan rumus LOG 10 ataupun 2 LOG 2. Nah, kalau di excel. Kita dapat menggunakan rumus LOG itu juga lho. Berbeda dengan LN, dari beberapa keterangan yang saya baca, penjelasan LN agak sulit dimengerti karena dia berfungsi mengembalikan angka ke sebenarnya. Begitu bunyi penjelasannya. Seperti apa ya hasilnya? Cek gambar di bawah ini. Baca juga Tips dan Trick Pengurangan Matematika Untuk Anak SD.


Keterangan :
  1. LEN - Menghitung banyaknya karakter pada sebuah teks termasuk SPASI dan tanda baca
  2. LN - Mengembalikan fungsi number kepada aslinya
  3. LOG - Logaritma

VLOOKUP vs LEN - Ketika saya mengajar excel di pikmi, kursusan ataupun di sekolah-sekolah, saya sering sekali menyampaikan kepada murid-murid saya manfaat dari LEN ini. Biasa kan tuh, ketika mengerjakan vlookup ternyata ada yang error, padahal ketika dicek,, semua data benar dan rumus juga benar. Biasanya pada kode atau sel acuan, ada saja yang salah terlebih mengetikkan spasi. Nah, disini fungsi LEN bekerja untuk melihat berapa karakte sel acuan yang diketikkan dan dimana dia berada. Maka setelah itu, baru kita bisa membenarkan rumus kita tadi. Klik juga Belajar Rumus Excel Trim dan Len.
Download
Perbedaan Rumus LEN, LN dan LOG pada Excel


EmoticonEmoticon