Thursday 12 January 2017

Mana Yang Terbaik Round Roundup Roundown

Mana Yang Terbaik Round Roundup Roundown - Iseng sih, buat studi kasus seperti ini. Sebenarnya ini masuk dalam kategori rumus ya. Tetapi setelah saya coba memang agak aneh sih ketika saya membedakan rumus round, roundup dan rounddown ini. Sejauh ini memang saya tidak pernah berhubungan langsung dengan soal seperti ini. Sejauh ini juga saya belum pernah ketemu langsung dengan contoh soal latihan excel yang benar-benar membahas tentang fungsi round yang satu ini. Terus rumus round sendiri buat apa ya. Ayok sedikit kita bahas. Klik juga Contoh Soal Latihan Excel Yang Sulit Banget Terupdate.

Fungsi Rumus Roundup Pada Excel - Sebenarnya di excel sendiri sudah ada format numbering / number dimana disana juga sudah disediakan menu untuk membuat angka desimal dan per 1.000 atau per seribu separator. Tapi itu hanya terbatas untuk memunculkan dan menghilangkan koma atau desimal saja. Jika temen-temen ingin melakukan pembulatan pada angka koma yang ada. Atau pembulatan pada angka koma yang dihilangkan. Maka fungsi rumus round, roundup dan rounddown akan sangat terlihat manfaat dan fungsinya. Baca juga Apa Itu Rumus AND OR dan Gabungan IF.


Keterangan :
  • Roundup - Membulatkan angka dibelakang koma ke atas
  • Rounddown - Membulatkan angka dibelakang koma ke bawah
  • Round - Membulatkan apa adanya

Cara Membulatkan Angka di Belakang Koma - Kalau roundup itu semua angka akan dinaikkan ke atas. Kalau rounddown kebalikanya. Kalau Round itu yang terbaik sih menurut saya. Karena setiap angka 5 adalah batasnya. Jadi dia otomatis kapan harus dinaikkan ke atas ataupun diturunkan ke bawah. Temen-temen pasti tahu itu. So, buat temen-temen yang ingin menerapkan pembulatan, coba saja terlebih dahulu bandingkan antara rumus round dan roundup ya. Nanti pasti akan kelihatan seperti apa perbedaannya. Kalau nilai rapot mungkin rumus roundup yang akan sering digunakan. :). Kunjungi juga Memahami Perbedaan Setting Control Panel Region English US dan Indonesia.
Download
Mana Yang Terbaik Round Roundup Roundown


EmoticonEmoticon