Tuesday 24 January 2017

Menggunakan Hyperlink Pada Sheet Excel

Tutorial Menggunakan Hyperlink Pada Sheet Excel - Selamat malam kawan, pembahasan kita kali ini ingin belajar tentang hyperlink lho. Buat sebagian orang mungkin sudah banyak mengerti tentang hyperlink. Atau lebih dikenal dengan istilah link / loncatan. Ada banyak masalah yang sering timbul ketika kita belajar tentang hyperlink ini. Misalnya Hyperlink Excel Tidak Bisa Dibuka. Tetapi ada beberapa solusi yang bisa kita jalankan guys. Salah satunya biasanya link itu bisa diklik kalau kita menggunakan tombol Ctrl gitu. Ya itu salah satu saja sih. Selain itu yang terpenting temen-temen juga harus tahu banyak tentang Membuat hyperlink di excel dengan macro. Ini penting guys untuk kita pelajari. Materi ini adalah lanjutan dari Mengenal Form Control Excel di Developer.

Tutorial Cara Menggunakan Menggunakan Hyperlink Excel Ke Sheet Lain - Ada banyak alasan kenapa kita harus menggunakan hyperlink. Misalnya untuk pembuatan soal yang harus dikerjakan oleh murid-murid kita. Saya biasanya kan kalau buat soal bisa sampai 5 sheet. Nah untuk mempermudah anak-anak mengerjakan itu, kita menggunakan hyperlink. Toh sangat mudah koq cara membuat hyperlink di excel 2016, 2013, 2010 maupun di 2007. Iya kan. Selain kita bisa menggunakan hyperlink pada file excel itu sendiri. Kita dapat membuat hyperlink ke file lain lho. Misalnya power point. So, pasti sangat mudah koq membuat hyerplink ke power point. Tinggal pilih existing file gitu aja ya. Klik juga Lindungi Sheet Excel Kita Dengan Protect Sheet.


Langkah-langkah Membuat Hyperlink :
  1. Buatlah 2 Sheet
  2. Pada Sheet pertama, buatkan tulisan Sheet 2 di cell B2
  3. Klik sel B2 kemudian tekan tombol Ctrl + K
  4. Akan muncul seperti tampilan di atas kemudian temen-temen tinggal klik 'Place In This Document'
  5. Klik Sheet 2
  6. Klik OK
  7. Selesai

Memperbaiki Hyperlink Excel Tidak Berfungsi - Hyperlink yang kita buat ini bisa kita jalankan pada file apapun. Kalau powerpoint bisa. Jelasnya  untuk microsoft word juga bisa dong. Temen-temen pastikan dulu ya file yang mau dijalankan itu ada. Kalau lagu atau gambar kiranya bisa gak ya? Silahkan dicoba dan simpulkan sendiri ya. Saya sudah mencobanya. Sekarang giliran temen-temen semua. Disini saya hanya memberikan contoh mudah dan sederhana saja tentang penggunaan hyperlink ini. Selanjutnya temen-temen bisa pelajari lagi lebih dalam. Jika ada kesulitan bisa menghubungi saya ya. Klik juga Contoh Soal Essay Excel 2016.

Download
Menggunakan Hyperlink Pada Sheet Excel


EmoticonEmoticon