Tuesday 21 March 2017

Membandingkan Rumus IF dan Vlookup

Tutorial Excel Tentang Membedakan Rumus IF dan Vlookup - Selamat pagi guys, kali ini saya ingin share tentang dua rumus yang sering kita gunakan sehari-hari di excel, yaitu IF dan VLOOKUP. Ya mirip-mirip dah antara vlookup dan hlookup. Tetapi yang terpenting sekarang, saya ingin banyak membahas tentang 2 rumus saja ya, if dan vlookup. Seperti apa logikanya dan bagaimana cara kerjanya. Temen-temen perlu tahu itu. Biar nanti gak salah ketika mengerjakan soal, apa harus menggunakan IF apa harus menggunakan Vlookup. Kurang lebihnya begitu. Klik juga Menggunakan Ampersand & Sebagai Pengganti Concatenate.

Cara Menggunakan Formula If vs Vlookup - Masih banyak yang sulit membedakan kapan harus menggunakan IF dan kapan harus menggunakan Vlookup. Pada prinsipnya, IF berarti jika, kalau kita menggunakan rumus IF, itu cukup menggunakan logika saja, sedangkan rumus Vlookup harus menggunakan tabel bantu. Contoh seperti gambar di atas, kita harus menggunakan rumus vlookup, tapi kita juga bisa menggunakan rumus if. Seperti apa perbedaannya. Ayo kita perhatikan perbandingan rumusnya di bawah ini ya. Klik juga Belajar Membuat Form Sederhana di Excel Developer.


Rumus :
  • =IF(B3="a","Apel",IF(B3="b","Belimbing","Cerry"))
  • =VLOOKUP(B3,tb_acuan,2,0)

Kelebihan Rumus Vlookup vs IF - Jika kita membandingkan rumus if dan vlookup. Memang berbeda dari segi logika. Tetapi jika temen-temen ingin tahu apa saja perbedaannya, maka disini akan kita bahas. Pada contoh soal excel diatas memang kita buat mudah. Logika atau data yang ada hanya 3 ya. Yaitu untuk A, B dan C, maka temen-temen harus menggunakan 2 IF, jika ada 5 logika, maka kita harus menggunakan 4 IF, begitu pula seterusnya, ini yang disebut dengan Nested IF atau IF bercabang. Namun, jika kita menggunakan Vlookup, berapapun logikanya, maka kita cukup menggunakan 1 Vlookup saja. Itu pokoknya ada tabelnya. Pada prinsipnya, IF dan Vlookup bisa kita gabung. Tergantung kondisinya. Dan setiap soal yang kita kerjakan. Bisa menggunakan rumus if dan vlookup juga. Kunjungi juga Mengenal Form Control Excel di Developer.
Download
Membandingkan Rumus IF dan Vlookup


EmoticonEmoticon