Friday 24 February 2017

7 Shortcut Yang Sering Digunakan Pada Excel

Belajar 7 Shortcut Yang Sering Digunakan Pada Excel - Selamat Sore guys, kali ini saya Arie Sujadnorwanto admin belajar excel akan share tentang 7 shortcut atau kombinasi tombol yang sering saya gunakan dalam mengerjakan atau menggunakan microsoft excel. Tujuan utama dari penggunaan shortcut ini jelas untuk mempermudah pekerjaan kita lho. Selain mempermudah, shortcut yang akan kita pelajari ini juga akan mempercepat pekerjaan yang kita lakukan. Seru kan jadinya? Ayo semangat belajar. Pelajari juga Contoh Soal Excel Pilihan Ganda dan Essay.

Shortcut Pindah Sheet di Excel - Untuk kategori ini tidak saya masukkan dalam 7 shortcut yang akan kita pelajari guys. Tetapi mungkin temen-temen perlu ketahui saja. Terkadang kita akan bekerja dengan banyak sheet dalam microsoft excel dan untuk mempercepat perpindahan antar sheet itu kita perlu mengetahui shortcut atau kombinasi tombol apa yang digunakan. Temen-temen bisa menggunakan tombol [Ctrl] + [PageUp] atau [Ctrl] + [PageDown]. Lumayan juga sih untuk menambah wawasan ya. Pelajari juga Modul Materi Microsoft Excel 2016.


Pertama : [Ctrl + 1]
Sudah tahu fungsi utama dari format cell kan? Menurut saya ini penting sekali untuk kita ketahui lho. Selain banyak bermain-main dengan rumus atau formula. Excel akan banyak kita gunakan untuk membuat format-format tabel untuk kepentingan laporan lho. Coba deh langsung praktekkan ya menggunakan kombinasi atau shortcut [Ctrl + 1] ini ya.


Kedua : [Ctrl + D]
Ketiga : [Ctrl + R]
Penjelasan untuk kedua shortcut ini saya jadikan satu saja ya. Intinya sih fungsi ctrl + d dan r ini untuk mengcopy sebuah rumus guys. Misalkan seperti ilustrasi gambar di atas. Kita dapat menarik rumus dari angka 900.000 ke bawah dengan 3 cara lho. Pertama kan tinggal tarik atau drag n drop ke bawah. Kedua dengan klik 2x tanda + plus di pojok kanan bawah. Dan terakhir kita dapat menggunakan tombol Ctrl + D yang artinya Down atau R ke kanan yang artinya Right.

Keempat : [Ctrl + W] 
Fungsi dari kombinasi tombol atau shortcut yang satu ini untuk close atau menutup jendela document excel yang aktif lho. Atau lebih tepatnya worksheet yang aktif gitu. Sama saja sih seperti kita menggunakan tombol x kecil yang ada di pojok kanan atas. Kalau office button yang diklik 2x pada pojok kiri atas atau Microsoft Office 2007 maka yang terjadi bukan close tapi exit. Harap dibedakan ya antara Close dan Exit disini. Ada banyak pasangan dari kombinasi tombol ini yaitu :
  • Ctrl + S --> Save
  • Ctrl + O --> Open
  • Alt + F4 --> Exit


Kelima : [F2]
Keenam : [F4]
Ini sih tombol fungsi ya bukan shortcut, maksudnya bukan kombinasi tombol karena hanya 1 tombol yang digunakan. Ya gakpapa deh karena fungsinya juga untuk mempercepat maka saya bahas saja disini. Pada intinya, tombol F2 yang sering saya gunakan itu untuk mengedit cell atau mengedit rumus jika ada kesalahan atau akan diperbaiki ya. Sama saja sih fungsinya seperti kita klik 2x pada cell aktif tersebut. Yang kedua adalah F4 sendiri untuk absolute atau penguncian cell. Pada blog ini belum saya bahas tentang absolute. Lupa terus. Ya sama saja sih dengan penamaan cell atau penguncian range ya.


Ketujuh : [F12]
Tombol fungsi yang terakhir untuk F12 akan sering kita gunakan untuk proses Save As lho. Sudah tahu fungsi dan perbedaan Save dan Save As belum. Hehehe. Penjelasannya bisa panjang neh. Tetapi yang jelas untuk proses F12 sendiri sama seperti proses Copy Paste gitu ya. Memperbanyak atau memindah file yang kita gunakan. Coba deh dipraktekkan ya.
Download
7 Shortcut Yang Sering Digunakan Pada Excel


EmoticonEmoticon