Tuesday 21 March 2017

Praktek Rumus IF Dalam VLOOKUP Dengan Mudah

Memahamai Praktek Rumus IF Dalam VLOOKUP Dengan Mudah Terbaru - Pokoknya jangan terbalik lho ya. Mengerjakan sebuah soal dimana di dalamnya kita harus menggunakan vlookup dan ada 2 kolom sebagai acuan maka kita harus menggunakan atau menggabungkannya dengan rumus IF. Sebenarnya bisa saja sih kita menggunakan rumus if untuk mengerjakan rumus itu yang akan kita sandingkan dengan vlookup. Tetapi menurut saya itu terbalik. Begini logikanya. IF dalam VLOOKUP bukan VLOOKUP di dalam IF. Ini yang terpenting. Baca juga Microsoft Excel vs Libre Office Calc di Linux.

Rumus VLOOKUP :
  • =vlookup(sel_acuan, tabel_acuan, kolom, index)
  • =vlookup(lookup_value, table_array, col_index_num, range_lookup)

Implementasi Rumus If di dalam Vlookup - Nah, coba perhatikan rumus vlookup asli di atas itu. Saya hanya ingin menitikberatkan penggunaan if dalam rumus vlookup disini. Karena banyak juga yang sedikit saja kita harus mengerjakan rumus vlookup yang ada IFnya, rata-rata temen-temen kita sudah kesulitan dalam mengerjakannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat kawan. Di bawah sudah saya siapkan file untuk latihan yang sudah saya berikan jawabannya. Ini agak sulit karena langsung menggunakan 4 kolom sebagai acuan. Kunjungi juga Format Extensi Marga Pada Microsoft Excel.


Rumus Gabungan Vlookup dan IF Terbaru - Biasanya banyak guru dan dosen kita yang senang banget mengeluarkan contoh soal seperti ini ya. Entah itu untuk membuat soal semakin sulit, rumit ataupun dengan tujuan tertentu. Maka Rumus yang kita gunakan untuk menjawab soal PESANGON diatas adalah dengan rumus seperti ini :
  • =VLOOKUP(F4,tb_bantu,IF(G4>=15,3,IF(G4>=10,4,IF(G4<5,6,5))),0)*H4

Penjelasan Rumus : Vlookup dengan sel acuan F4 dan tabel acuan yang sudah saya rubah menjadi tb_bantu, jika g4 >= 15 maka kolom yang digunakan adalah kolom ke-3, jika g4 >= 10 maka kolom yang digunakan adalah kolom ke-4, jika g4 < 5 maka kolom yang digunakan adalah 5, selain itu kolom ke-4. Kurang lebih begitu penjelasan yang bisa saya jabarkan dengan kata-kata. Berikutnya ada index 0 dan 1 sepertinya sudah saya bahas pada rumus lookup, vlookup ataupun hlookup. Semoga temen-temen bisa memahaminya. Jika belum akan saya coba buatkan tutorialnya segera ya. Klik juga Contoh Latihan Soal Excel Update Terbaru Kiriman Yatri.

Link Download :
Download
Praktek Rumus IF Dalam VLOOKUP Dengan Mudah


EmoticonEmoticon