Saturday 25 February 2017

Menghitung Cicilan Rumah Perbulan Dengan Rumus Excel PMT

Cara Menghitung Cicilan Rumah Perbulan Dengan Rumus Excel PMT - Tutorial ini saya ambil dari buku mas Ibnu Teguh Wibowo. Baru tahu juga sih ada rumus ini, sebenarnya ada satu paket rumus yang harus kita pelajari, yaitu PMT, PPMT dan IPMT tetapi yang akan saya bahas sekarang adalah PMT terlebih dahulu ya kawan. Untuk membua tutorial rumus pmt excel ini, saya masih harus bertanya kepada mas niko tentang KPR atau kredit pemilikan rumah. Berapa harga rumah yang dibeli jika tunai, kemudian dp yang dibayarkan. Jumlah subsidi yang diberikan oleh BTN, jangka waktu pembayaran kredit berapa tahun serta suku bunga yang ditanggung untuk mendapatkan angsuran setiap bulannya. Klik juga Kumpulan Shortcut atau Kombinasi Tombol Keyboard di Microsoft Excel.

Tutorial Menghitung Cicilan Rumah Perbulan Dengan Rumus Excel PMT - Melihat rumus yang ada di bawah ini, sepertinya keren banget langsung ketemu hasil atau berapa cicil perbulan yang harus kita bayarkan ya. Bisa juga diaplilkasikan ketika kita menyicil rumah guys. Memang sih kalau dilihat totalnya sangat besar, tapi ingat lho ya, angka segitu 10 tahun lagi pasti berbeda, jelasnya akan lebih kecil. Di bawah akan saya jelaskan komponen dari rumus PMT itu apa saja ya guys. Lumayan lho daripada kita harus menghitung manual satu persatu. Jika sudah bisa rumus sederhana ini, akan saya lanjutkan pada rumus PPMT dan IPMT pada artikel saya selanjutnya. Semoga bermanfaat guys. Klik juga Contoh Soal UTK Programming Excel Plus Jawaban by Abdul Gofur.


Keterangan :
  • Rumus =PMT(C6/12,C5*12,C4)
  • Rumus =PMT( rate, nper, pv, fv, type)
  • ---
  • rate : merujuk ke suku bunga yang berlaku
  • nper : merujuk ke jangka waktu pinjaman (jumlah kali pembayaran angsuran)
  • pv : berupa nilai pinjaman
  • fv : merujuk ke besarnya nilai pada akhir jangka waktu pinjaman
  • type : dengan nilai 0 berarti pembaaran yang dilakukan pada akhir periode sementara. Kemudian type dengan nilai 1 berarti pembayaran yang dilakukan di muka pada saat pinjaman diterima.
Download
Menghitung Cicilan Rumah Perbulan Dengan Rumus Excel PMT


EmoticonEmoticon