Saturday 19 May 2018

Mengenal Rumus Sumproduct Dasar di Ms. Excel

Mengenal Rumus Sumproduct Dasar - Pertama mengenal rumus ini saya ketika lagi maen-maen di group fb tentang excel. Ada yang bertanya tentang excel sebenarnya, rumus yang ditanyakan sebenarnya tentang sumif sih, ternyata ada yang menjawab tentang sumproduct, saya jadi penasaran kan seperti apa sih rumus asli sumproduct ini. Setelah saya cari dari banyak sumber, ternyata memang banyak banget pembahasannya, saya ingin membahas dan memisahnya satu persatu. Ini adalah tutorial pertama saya tentang sumproduct guys. Sangat sederhana.

Cara Menggunakan Fungsi Sumproduct Terbaru - Coba lihat pada sel E8 dan F8, hasilnya sama, tetapi memiliki rumus yang berbeda jelasnya. Untuk sel E8, temen-temen dapat melihat nya di bawah implementasi rumus yang saya tulis. Untuk F8, saya membuat rumus yang sering kita gunakan yaitu mengalikan antara sel jumlah dan harga pada total kemudian saya menggunakan rumus SUM untuk menjumlahkan keseluruhan sel Total. Jadilah ketemu hasil yang sama. Kurang lebih begitu penjelasan tentang rumus sumproduct dan cara kerjanya guys.


Implementasi Rumus Sumproduct di Excel :
  • =SUMPRODUCT(array1; array2; array3, dst)
  • =SUMPRODUCT(jumlah;harga)
  • =SUMPRODUCT(D3:D7;E3:E7)

Penjelasan Rumus Sumproduct - Kalau rumus aslinya sih seperti yang sudah saya tulis di atas guys, kayak perkalian array gitu, temen-temen pasti ingat pelajaran matematika dasar tentang array kan ya. Seperti perkalian antar baris dan kolom seperti itu. Ya sum sendiri kan artinya dijumlahkan atau di total. Sedangkan product sendiri saya kurang paham. Ada beberapa implementasi rumus sumproduct ini yang akan saya bahas selanjutnya, seperti implementasi pada penghitungan IPK dan suatu kondisi laki-laki yang lulus ketika mengikuti ujian.

Link Download :
Download
Mengenal Rumus Sumproduct Dasar di Ms. Excel


EmoticonEmoticon