Saturday 19 May 2018

Fungsi Countifs pada Excel dengan 3 Kriteria

Belajar ExcelFungsi Countifs pada Excel dengan 3 Kriteria - Kalau kita membahas tentang sebuah rumus count, counta, countblank dan countif pasti temen-temen sudah familiar ya. Kemaren ceritanya saya lagi jalan-jalan di internet terus ketemu dengan 1 rumus yang menurut saya familiar tetapi aneh karena ada S nya. Yap itu dia countifs. Kalau countif sendiri sih saya sudah sering menggunakannya. Ternyata setelah saya telurusi, countifs sendiri berfungsi untuk mencari / menghitung banyaknya kriteria yang kita inginkan lebih dari 1. Bisa 2 ataupun 3. Seperti contoh yang saya bahas di bawah ini.

Fungsi Countifs pada Excel dengan 2 Kriteria - Ketika mengetahui fungsi countifs itu sendiri, saya agak bingung mencari contoh yang pas seperti apa. Akhirnya bisa ketemu dengan contoh soal dan studi kasus seperti di bawah ini. Yang ini masih 2 kriteria guys. Yang terpenting paham dulu dengan 2 kriteria. Kalau sudah sih baru kita lanjutkan dengan 3 kriteria seperti yang temen-temen cari. Oke pahami dulu perintahnya untuk countifs 2 kriteria. Yang kita inginkan disini adalah mencari mahasiswa yang berasal dari bondowoso dan berjenis kelamin laki-laki. Seperti apa rumusnya? Cek keterangan di bawah ini ya.


Keterangan Rumus :
  • Rumus COUNTA =COUNTA(F4:F13)
  • Rumus COUNTIF =COUNTIF(F4:F13,"Bondowoso")
  • Rumus COUNTIFS =COUNTIFS(F4:F13,"Bondowoso",E4:E13,"L")

Membedakan Rumus COUNT, COUNTA, COUNTIF dan COUNTIFS - Itu contoh implementasi rumusnya guys. Sebenarnya sih kalau mau kita ganti dengan table name atau penamaan tabel untuk range yang ada di atas pasti lebih mudah. Coba lihat perbandingan rumusnya seperti yang saya tulis di bawah ini ya nanti. Ohya, mungkin temen-temen bingung dengan perbedaan rumus count dan counta. Count sendiri bekerja dalam angka atau numerik sedangkan untuk counta bekerja dalam huruf atau karakter. Itu perbedaan utamanya.


Implementasi Rumus COUNTIFS dan PENAMAAN TABEL - Nah, ini yang saya maksud dan terakhir ingin saya bahas. Jika temen-temen mengerjakan apa saja, termasuk countifs dan salah satu contohnya adalah VLOOKUP, maka bagus banget jika kita menggunakan tabel name atau penamaan tabel. Yang ingin kita bahas dengan countifs 3 kondisi adalah mencari mahasiswa yang berasal dari bondowoso dan berjenis kelamin laki-laki dan berusia di bawah 20 tahun. Berarti kalau rumus count kita gabung dengan and bisa juga kali ya? :)

Keterangan Rumus :
  • =COUNTIFS(F4:F13,"Bondowoso",E4:E13,"L",D4:D13,"<20")
  • =COUNTIFS(asal,"Bondowoso",jenis_kelamin,"L",usia,"<20")

Countif 2 Criteria - Awalnya sih saya bingung juga ya bagaimana mencari jumlah orang dengan kriteria diantara, saya coba pakek and, sumproduct hasilnya selalu salah, tetapi baru inget ternyata ada countifs ya, atau S nya itu yang penting banget, akhirnya solusi dari soal saya terpenuhi, temen-temen bisa download contoh soalnya di bawah ini ya, buat pembelajaran, masih ada beberapa kasus yang belum terselesaikan, nanti bisa kita bahas bersama ya.

Link Download :
Download
Fungsi Countifs pada Excel dengan 3 Kriteria


EmoticonEmoticon