Monday 23 March 2020

Cara Membuat File PDF di Excel 2016

Tutorial Cara Membuat File PDF di Excel 2016 - Buat sebagian orang, mungkin artikel ini sudah banyak yang tahu, namun buat temen-temen yang baru menggunakan excel 2016 terutamanya, mungkin fitur ini masih belum banyak yang tahu, biasanya sih di excel 2007, saya sering menggunakan aplikasi plugin seperti 'save as pdf'. Aplikasi ini asyik banget, tinggal save as atau F12, pilih tipe jadi pdf, selesai. Namun untuk excel 2016, fitur ini sudah include guys, kita gak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Cara penggunaannya juga sangat mudah. Kunjungi juga Contoh Soal Excel Paling Mudah.

Cara Membuat File PDF dari Excel - Sebenarnya ada banyak cara dan ada banyak converter yang bisa kita gunakan ya. Baik berupa aplikasi, sampai berupa pencetak worksheet berupa excel gitu, yang terpenting sih temen-temen bisa cara ngeprint dalam mencoba membuat file pdf ini. Karena sistem kerjanya sama dengan printer gitu kawan. Memang di save as tetapi sebelum di save as, temen-temen harus mengatur atau setting file excel xlsx tadi berupa file pdf nantinya. Baca juga Tutorial Excel Fungsi AND OR NOT.


Langkah-langkah Merubah File Excel Menjadi PDF :

Langkah Pertama : Siapkan file excel yang akan kita jadikan pdf, jika sudah, coba lakukan print preview, jika ingin satu halaman penuh yang ingin dijadikan pdf, klik 1 to fit seperti gambar di bawah ini.


Langkah Kedua : Ada banyak cara pengaturan dalam hal seleksi tabel yang ingin kita jadikan file pdf atau ingin kita print, masuk saja ke page setup atau print preview, selanjutnya tinggal temen-temen atur, jika ada banyak tabel dalam satu halaman dan hanya 1 table yang ingin kita jadikan pdf, maka pilihan 'set print area' adalah settingan yang paling masuk akal untuk kita coba. Jika memang sudah yakin akan semua tabel yang ingin kita jadikan pdf, langsung saja pilih FIT TO 1 pada bagian gambar di atas.


Cara Membuat File PDF ke Excel - Nah, kalau ini kebalikannya ya. Dari file PDF ke Excel sejauh ini kita harus menggunakan converter guys. Aplikasi atau software gitu, ada sih, tetapi saya gak bisa sharing disini ya. Untuk sementara yang saya buat adalah tutorial dari file excel seperti XLSX menjadi file PDF menggunakan fitur save as pdf pada excel 2016, untuk excel 2007 sepertinya belum ada, untuk excel 2010 dan 2013 saya pribadi belum pernah mencobanya.
Download
Cara Membuat File PDF di Excel 2016


EmoticonEmoticon