Thursday 1 February 2018

Studi Kasus Rumus Find dan Vlookup Gabungan

Tutorial dan Studi Kasus Rumus Left dan Vlookup Gabungan Terbaru - Beberapa hari yang lalu saya dapat kiriman soal yang mengingatkan saya pada rumus gabungan dari vlookup, find dan fungsi teks seperti left, right dan mid. Sebenarnya rumus ini sangat mudah kita logikan tetapi mungkin akan terasa sulit dalam penerapan dalam rumus atau implementasinya, perlu sedikit pengetahuan khusus tentang rumus FIND yang memang jarang sekali diajarkan di bangku kuliah atau sekolah. Maka dari itu disini saya ingin membahas detail apa itu rumus find dan gabungannya dengan vlookup ataupun hlookup. Ini dia pembahasan awal yang sudah pernah saya tulis Fungsi Rumus Find di Excel.

Mengerjakan Rumus Vlookup Dengan Kode Sulit Find - Pada beberapa pembahasan, sebenarnya rumus vlookup itu sangat mudah. Walaupun kita gabung rumus vlookup dengan if atau apapun pasti akan terasa mudah, tetapi kasus yang ini sangat langka terjadi guys, rumusnya kita gabung dengan find lho. Arti find sendiri kan menemukan atau temukan. Ya rumus ini akan kita gunakan karena kode yang muncul sedikit berbeda. Lebih detailnya ada pada gambar di bawah ini ya. Perhatikan pada kode yang harus kita cocokkan dengan tabel acuan yang ada. Misalkan A, B dan C pada gambar di bawah ini menggunakan rumus MID gabungan find ya. Klik juga Menggabungkan Rumus Vlookup dan Find.


Mencari Rumus Vlookup Dengan Kode Yang Berbeda - Perhatikan deh tabel diatas terutama untuk kolom kode. Itu sih acuannya ada di huruf A, B dan C lho. Kalau rumus vlookup sendiri secara sederhana kan =vlookup(mid(b4,3,1),tb_acuan,2,0). Kalau untuk baris ke 1,2 dan 3 pasti berhasil tuh guys, tapi permasalahan akan muncul ketika kode yang ada di atas sudah berbeda tuh. Misal pada 11/B atau 201/B dan 1001/C. Nah, disini kita harus menggunakan rumus find untuk mengerjakan soal diatas. Find itu artinya menemukan dan kita akan menjadikan acuan / atau slash sebagai titik temu dari rumus FIND yang kita buat. Kunjungi juga Cara Mudah Menyimpan File Excel Dengan Password.


Mengerjakan Rumus Vlookup Dengan Tabel Acuan Kode Yang Aneh - Sebenarnya untuk rumus find sendiri sudah saya jelaskan detail pada 2 artikel sebelum ini ya. Mungkin kurang afdol saja kalau gak kita bahas secara menyeluruh atau dibuatkan studi kasus atau contoh soal find seperti ini ya kan. Untuk formula find sendiri temen-temen harus pahami terlebih dahulu ya. Jika sudah, maka temen-temen baru bisa memahami dan mengerjakan soal seperti ini. Disini kita diminta untuk menampilkan jenis barang pada table soal di atas yang warna kuning. Maka rumus yang akan muncul adalah seperti ini : 
  • =VLOOKUP(MID(B4,FIND("/",B4)+1,1),tb_brg,2,0)

Cara Menggunakan Rumus Find di Excel 2016 - Sementara itu saja yang bisa saya bahas tentang tulisan saya di belajar excel hari ini guys. Semoga selalu bermanfaat ya. Kunjungan dan komentar temen-temen sangat menginspirasi buat saya. Semampu akan saya bantu. Sampai jumpa di tutorial berikutnya ya. Sampai jumpa.
Download
Studi Kasus Rumus Find dan Vlookup Gabungan


EmoticonEmoticon