Thursday 27 April 2017

Belajar Nested IF atau 3 IF Bercabang

BELAJAREXCEL.WEB.ID - Tutorial Belajar Nested IF atau 3 IF Bercabang : Banyak sih yang belum mengerti atau paham tentang rumus if disini. Memang sih, rumus if lebih sulit jika kita bandingkan dengan rumus vlookup yang hanya menggunakan 1 lookup berapapun kondisi atau logikanya. Berbeda dengan rumus if yang harus menyesuaikan dengan banyaknya logika atau kondisi. Misalkan ada 3 kondisi, maka kita akan menggunakan 2 if. Misalkan juga ada 5 kondisi maka kita akan menggunakan 4 if sebagai rumus implementasinya. Sulit tidak? Jika kita paham, pasti akan terasa mudah. Yang terpenting temen-temen tahu rumus standardnya terlebih dahulu.

Studi Kasus Belajar Nested IF atau 3 IF Bercabang - Di bawah atau digambar sudah saya tuliskan bagaimana seharusnya kita menulis sebuah rumus IF. Yang terpenting, temen-temen juga tahu tentang operator matematika seperti = > < gitu ya. Karena pada sel acuan untuk rumus if sendiri sering atau wajib menggunakan operator matematika tersebut, berbeda pastinya dengan lookup yang tidak memperlukan operator matematika pada sel acuan. Berikutnya untuk value if true atau nilai jika benar atau akan menampilkan apa jika kondisi yang di deklarasikan benar. Pastikan ada tanda petik untuk huruf atau karakter dan tanpa tanda petik untuk angka ya.


Rumus :

  • =if(sel acuan, benar, if(sel acuan, benar, salah)
  • =if(b2="a","apel",if(b2="b","belimbing","cerry)

Implementasi Rumus IF Bertingkat - Nested IF sendiri memang sering dikenal dengan istilah IF bertingkat. Sebenarnya rumus if ini mudah, hanya perlu latihan yang banyak saja untuk membiasakan diri. Tidak perlu pintar sebenarnya, perbanyak latihan dan jika ada kesulitan bisa komentar di bawah ini. Nanti akan saya bantu sebisa saya. Jelasnya pahami dulu tentang rumus standard if itu seperti apa ya. Untuk sel acuan, benar dan salah nya. Untuk karakter atau huruf berikan tanda petik dan angka tanpa tanda petik. So, berapapun kondisi atau logika pada soal excel if yang harus dikerjakan, sekarang tidak sulit lagi lho ya bagi kita. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Download
Belajar Nested IF atau 3 IF Bercabang


EmoticonEmoticon