Friday 12 May 2017

10 Fitur Ms Excel Yang Paling Bermanfaat Bagi Kita

Belajar Excel - 10 Fitur Ms Excel Yang Paling Bermanfaat Bagi Kita : Alhamdulillah guys, 9 mei 2017 kemaren saya menikah, tapi eits, apa hubungannya dengan excel ya. Hahaha, enggak sih, intinya saya jadi tambah semangat aja mau menulis kembali tentang microsoft excel ini. Terutama tentang segala hal yang ada hubungannya dengan excel bigitu. Kali ini saya ingin membahas tentang beberapa fitur yang banyak digunakan dalam microsoft excel. Apa sajakah itu. Ayo kita bahas bersama-sama.

Formula Rumus dan Fungsi Excel Yang Banyak Digunakan : Bagi sebagian orang memang excel ini sangat menakutkan, karena mereka tahunya sih rumus-rumus aja begitu. Padahal sebenarnya, ada banyak hal selain rumus itu yang bisa kita pelajari. Misalnya macro / vba, chart / diagram dan beberapa fitur lainnya. Maka dari itu, tugas saya disini adalah mengenalkan sisi lain dari microsoft excel itu sendiri kawan. Biar temen-temen semakin mencintai excel seperti saya mencintaimu :p. Hahahaha. Ayo kita bahas satu per satu ya.


Keterangan :
  1. Macro / VBA
    Saya akan coba bahas sebisa saya, sepengetahuan saya saja ya guys. Untuk macro memang pernah saya menggunakannya. Dia semacam shortcut dan tujuannya memang lebih ke arah programming atau excel programming. Pada blog belajar excel disini saya masih menyusun dan memulai tentang tulisan vba atau visual basic array disini. Tunggu saja ya.
  2. Vlookup
    Kalau yang ini saya hafal banget kawan. Vlookup secara sederhana adalah sebuah rumus yang berfungsi untuk memindahkan data dari satu tabel ke tabel berikutnya. Vlookup berasal dari Lookup yang memiliki fungsi juga Hlookup. Rumusnya sih =vlookup(sel acuan, tabel acuan, kolom ke berapa, index).
  3. Pivot Table
    Waktu ujian nasional excel, waktu itu ada soal tetang pivot tabel guys, tapi saya mengerjakannya menggunakan filter dan sort. Ya memang sih kalau kita bicara tentang pivot table memang ada di 2 hal ini. Ya sorting, ya filter. Di blog ini sudah ada koq tutorial tentang pivot. Temen-temen bisa mencobanya ya.
  4. Array Formula
    Nah, ini yang belum saya pahami. Kalau hubungannya dengan table name atau penamaan pada tabel, hal ini sudah pernah saya bahas. Atau rumus excel gabungan juga pernah saya bahas. Kalau array formula secara harfiahnya saya belum paham kawan. Saya coba cari tahu terlebih dahulu ya.
  5. Rekonsiliasi Data
    Tulisan saya yang laris manis di blog ini adalah tentang 'mencari data yang sama' atau mencocokkan data yang sama. Jika yang dimaksud dari rekonsiliasi data excel seperti itu. Maka saya sudah membahasnya. Namun jika yang kita inginkan adalah tentang rekonsiliasi data bank atau akuntansi misalnya. Sepertinya saya perlu membuat format dan rumusnya terlebih dahulu guys, baru nanti akan saya bahas di blog ini kembali ya. Tunggu saja.
  6. Formula IF
    Kurang lebih sama sih dengan point 2 yaitu vlookup. Mungkin IF lebih ke arah logika saja ya guys. Sebenarnya sih fungsi IF dan Vlookup hampir-hampir sama. Cuman memang rumusnya sedikit berbeda dan logika pengerjaannya juga sedikit berbeda. Untuk penulisan rumusnya seperti ini =if(sel acuan, nilai jika benar, nilai jika salah).
  7. Custom UI
    UI sendiri adalah kepanjangan dari User Interface. Sejauh ini saya belum pernah tahu dan belum pernah mencobanya kawan. Tunggu saja pembahasan lengkapnya di blog ini ya.
  8. Chart
    Ini mah gampang, gak usah pakek rumus-rumus segala. Chart atau Diagram sering kita gunakan sebagai pengganti analisa pada tabel. Sebenarnya chart itu sendiri sama dengan table, namun berupa gambar gitu aja sih. Fungsi utama memang untuk mempermudah analisa dan membaca data.
  9. Power BI
    Bukan Bank BI ya. Hahaha, yang ini jujur saya gak pernah pakek guys.
  10. Power Query
    Kalau di access sih pernah pakek query, itu kan kumpulan dari tabel-tabe3 yang kita ambil bagian-bagian pentingnya saja. Implementasi langsungnya tentang power query ini, tunggu tutorial lengkapnya disini ya guys.
Download
10 Fitur Ms Excel Yang Paling Bermanfaat Bagi Kita


EmoticonEmoticon